Tuesday, January 29, 2013

Berkaca Pada Alam

Dari sekian banyak peristiwa yang terjadi belakang ini seperti sebuah rangkaian yang tiada putus-putusnya, seperti halnya banjir di Jakarta  dan beberapa daerah lainnya di Indonesia khususnya dan beberapa kejadian lain di wilayah internasional, memaksa kita untuk sejenak berfikir, adakah semua ini adalah bebrapa fenomena alam biasa karena kerusakan yang terjadi di bumi yang kita tinggali ini?

Adalah Alam bertindak dan berlaku seperti halnya mesin yang hanya akan berjalan dan bergerak dengan adanya tombol yang digerakan oleh sang pemberi perintah, seperti itulah kenyataannya yang terjadi dengan alam ini, dia hanya akan melakukan sesuai dengan yang memerintahkanya.
Bisa saja banjir dan beberapa kejdian alam ini terjadi karena banyak faktor (menurut daya nalar manusia) seperti curah hujan yang tinggi, daya tampung sungai yang terlampau sempit bla bla bla blaaa dan lain sebagainya.
Mungkin ketika kita berfikir seperti pada umumnya orang berfikir tentang kejadian ini, bisa saja kita akan berkata "ah ini kan kejadian biasa yang sering terjadi" atau "ini gara masyarakatnya yang kurang memelihara lingkungan" dan banyak lagi.
Saya tidak mengatakan itu salah tapi juga tidak mengatakan semuanya itu benar. Yang perlu kita sadari adalah bahwa lama ini bertindak sesuai dengan yang memberi perintah, itu saja. Tak perlu kita banyak mencari alasan-alasan yang terkesan hanya untuk mencari kambing hitam dan membenarkan seolah-olh alamlah yang salah dalam hal ini.
Kita memang Prihatin dengan rentetan kejadian yang seakan tak pernah ada habis-habisnya ini, bahkan beberapa dari saudara kita harus kehilangan seluruh keluarganya, sungguh hal ini sangat menyedihkan, walaupun itu tidak terjadi pada kita dan kelurga kita tapi kita harus menyadari bhawa mungkin saja kita ikut andil dalam kejadian ini, kita tidak pernah tahu dan semoga hal itu adalah salah.
Alam seperti sedang menunjukan kekuasaannya bahwa kita sebagai manusia terlalu angkuh dan sombong dalam memperlakukanya, dengan cara-cara yang maruk kita telah mengekplorasi alam ini tanpa menjaga keseimbangannya, adakah kita sadar bhawa yang tinggal di bumi ini bukan hanya kita? karena masih banyak makhluk di bumi ini yang punya hak untuk hidup dan berkembang seperti halnya kita manusia yang terlalu serajkah seolah bumi ini hany di ciptakan Tuhan untuk manusia semata.
Manusia adalah mahluk yang sempurna yang diciptakan oleh yang Maha Kuasa. Adalah Tuhan menciptakan ini tidak dengan serta merta dan tanpa tujuan yang benar.
Berfikirlah sejenak dan berkacalah pada alam sekitar kita, adakah kita telah membuat alam ini sungguh bersahabat dengan kita? adakah kita telah membuat yang Menciptakan alam ini bersyukur pada kita karena telah menjaganya?
saya yakin jika jawabannya "Iya" Tuhan melalui alamnya tak akan membuat kita sengsara.
Maaf ini hanya hasil renungan kecil saya yang mungkin ga berarti buat anda tapi paling tidak saya dapat mengeluarkan unek-uneknya. selebihnya terserah anda.

No comments:

Post a Comment